Beranda > MASALAH KESEHATAN > Ketanggapan Depkes Merespon Gempa Padang Pariaman

Ketanggapan Depkes Merespon Gempa Padang Pariaman

padang pariamanDepartemen Kesehatan Indonesia  mengumumkan jumlah korban gempa di Indonesia,Sumatra barat  terus bertambah. Data terakhir dari satkorlak bencana menunjukkan korban gempa padang  Sumatra Barat sebanyak  612 orang. Sementara depkes sudah mengirim 150  orang dari hari jumat lalu, namun masih banyak keluhan karena banyakya pasien dan keterlambatan  obat-obatan akibat beratnya medan

Pada hari ini (5/10), upaya pencarian korban yang masih selamat dari balik timbunan longsor masih tetap dilakukan warga baik dengan menggunakan alat berat maupun dilkukan secara manual, namun peluangnya makin menipis. Tim SAR sudah melakukan di pencarian di 40 titik. Bagi mereka yang selamat, kebutuhan obat-obatan masih tinggi..

Menteri Kesehatan Repoblik Indonesia, Siti Fadilah Supari, mengatakan, pemerintah Indonesia memperkirakan jumlah korban tewas bisa mencapai 3.000 juwa, dengan mempertimbangkan faktor penyebaran penyakit. Terutama di Padang  Sumatra barat, dimana jasad-jasad yang dikubur di reruntuhan bangunan mulai membusuk. “Kami berusaha menyelamatkan korban dari reruntuhan, hidup maupun mati. Kami berfokus meminimalisasi kematian pascagempa,” kata ibu menkes.

Petugas kesehatan  telah menyemprot reruntuhan dengan desinfektan sebanyak 320 titik reruntuhan. Namun masalah hari ini mulai bertambah masyarakat korban gempa mulai kekurangan air bersih.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: